Sejarah : Bahasa Pascal

PASCAL dirancang pada tahun 1969 oleh ilmuwan komputer Swiss Niklaus Wirth dan dirilis pada tahun 1970, tahun yang sama Beneath the Planet of the Apes, Patton, dan Love Story dirilis. The Beatles merilis Let It Be, Three Dog Night menguasai gelombang udara dengan Mama Told Me Not To Come, dan Anda dapat membeli Pong dan Simon Says untuk rumah. Wirth pernah menjadi mahasiswa PhD di Berkeley pada awal tahun 1960an, pada saat yang sama Ken Thompson, salah satu penemu Unix dan penulis bahasa pemrograman Go bersekolah di sana. Bukan hal yang aneh jika suatu bahasa berkembang selama satu dekade atau lebih, namun PASCAL dengan cepat memahaminya. Pada tahun 1983, PASCAL menjadi sah dan distandarisasi, dalam ISO 7185. Tahun berikutnya Wirth memenangkan Turing Award 1984. Mungkin dia mendengarkan When Doves Cry ketika dia mendengarnya. Atau mungkin dia menonton Beverly Hills Cop, Indiana Jones, Gremlines, Red Dawn, The Karate Kid, Ghostbusters, atau Terminator dalam penerbangan pulang. Sebenarnya mungkin tidak. 

PASCAL dinamai Blaise Pascal, Filsuf dan Matematikawan Perancis. Seperti kebanyakan programmer, PASCAL membuat KALKULATOR MEKANIK YANG FUNGSIONAL PERTAMA DI DUNIA karena dia malas dan ayahnya menyuruhnya melakukan terlalu banyak perhitungan untuk membantu membayar tagihannya. 400 tahun kemudian, kita masih membutuhkan kalkulator di sana-sini, untuk membantu tagihan kita.  Seperti banyak ilmuwan alam pada masa itu, Blaise Pascal berkontribusi pada sains dan matematika dalam berbagai cara.

Bahasa pemrograman PASCAL dibuat untuk mengajarkan siswa membuat program, tetapi seiring dengan banyaknya alat yang dipelajari siswa, bahasa ini semakin populer ketika siswa lulus dari perguruan tinggi sepanjang tahun 1970an dan 1980an. PASCAL adalah bahasa pemrograman prosedural yang mendukung struktur data terstruktur dan pemrograman terstruktur. PASCAL akhirnya bercabang menjadi beberapa versi termasuk Visual PASCAL, Instant PASCAL, dan Turbo PASCAL. Masih ada varian aktif termasuk kompiler freepascal yang tersedia di freepascal.org . PASCAL adalah bahasa dominan yang digunakan pada masa awal Apple dan Microsoft. Sedemikian rupa sehingga sebagian besar perangkat lunak asli Apple ditulis dalam PASCAL, termasuk Desk Accessories, yang kemudian menjadi Ekstensi. Mungkin komputer mengagumkan pertama adalah Apple II, dimana PASCAL ada dimana-mana. Karena pengembang mengetahui PASCAL, PASCAL akhirnya menjadi bahasa tingkat tinggi utama untuk Lisa dan kemudian Mac. Faktanya, beberapa Mac OS asli diterjemahkan secara manual ke bahasa assembly dari PASCAL. PASCAL bukan hanya untuk bagian dari sistem operasi. Itu juga digunakan untuk sejumlah program awal yang populer, termasuk Photoshop 1.

PASCAL menjadi berorientasi objek pertama kali dengan Lisa Pascal, Classcal kemudian dengan Object PASCAL pada tahun 1985. Tahun itu Apple merilis MacApp, yang merupakan API berorientasi objek untuk sistem Operasi Mac klasik. Apple bertahan dengan Object PASCAL hingga awal akhir PASCAL jalur utama pada tahun 1991, ketika beralih ke C++ untuk Sistem 7. MacApp terus mengalami kematian yang membara ketika Apple mengakuisisi NeXT. 

PASCAL bukan hanya untuk Apple. Universitas di seluruh dunia telah menggunakan PASCAL, termasuk Universitas California San Diego, yang memperkenalkan UCSD Pascal, yang merupakan cabang dari Pascal-P2. UCSD p-System adalah salah satu dari tiga sistem operasi yang dapat Anda jalankan di IBM Personal Computer asli. Microsoft kemudian akan mengimplementasikan kompiler Object Pascal, yang disukai oleh pengembang yang ingin mendapatkan lebih dari apa yang ditawarkan BASIC. Pada saat ini, orang-orang benar-benar menghasilkan uang dan BORLAND merilis Turbo Pascal, menjadikannya murah untuk meraih pangsa pasar yang besar. Objek PASCAL juga melahirkan Delphi, masih digunakan untuk menulis program oleh orang-orang yang menolak perubahan saat ini. 

Wirth sendiri sangat menarik. Dia tidak hanya menulis The Pascal User Manual dan Laporan tetapi juga menulis artikel berjudul Program Development by Stepwise Refinement, tentang cara mengajar pemrograman dan sesuatu yang harus dibaca oleh semua guru dan pecinta ilmu komputer. Bukunya Algorithms + Data Structures = Programs membantu membentuk cara berpikir saya tentang komputer hingga saat ini, karena ternyata semakin banyak hal berubah, semakin banyak hal yang tetap sama. 

Dia juga menciptakan hukum Wirth, yang menyatakan bahwa perangkat lunak menjadi lebih lambat dibandingkan dengan perangkat keras yang menjadi lebih cepat. Setiap kali saya melihat bola pantai atau jam pasir di laptop saya, saya memikirkan hal itu. Hal ini mungkin awalnya dari karyanya membangun kompiler ke dalam bahasa ALGOL, yang menghasilkan ALGOL W dan menyaksikan hal itu berubah menjadi rawa yaitu ALGOL X dan kemudian ALGOL 68, yang menjadi begitu rumit dan sulit sehingga menulis kompiler yang baik menjadi tidak berguna. dari pertanyaan itu. Karena ALGOL ini merana, memberikan ruang bagi PASCAL di hati para programmer awal. 

Meskipun PASCAL adalah kontribusinya yang paling besar dalam komputasi, ia juga merancang bagian dari Algol, Modula dan Oberon, dan melakukan dua cuti panjang di Xerox PARC,  yang pertama dari tahun 1976–1977 dan yang kedua dari tahun 1984–1985. Di sini, dia akan dihadapkan pada sistem operasi grafis  dan mouse, sebelum Apple mempopulerkannya. 

Mungkin salah satu warisan PACAL yang paling bertahan lama adalah A. A adalah bahasa pogromming komputer yang awalnya ditulis sebagai tipuan. Dennis Richie baru saja selesai membaca parodi National Lampoon dari Lord of the Rings berjudul “Bored of the Rings.” Unix sebagai parodi dari Multics bermaksud untuk “menjadi serumit dan sesamar mungkin untuk memaksimalkan tingkat frustrasi pengguna biasa” Ken Thompson selanjutnya menggambarkan A dengan cara ini “Dennis dan Brian mengerjakan versi Pascal yang menyesatkan, yang disebut 'A '. 'A' sangat mirip dengan Pascal, tetapi mengangkat gagasan tentang alamat memori langsung (yang telah dibuang oleh Wirth) ke dalam konsep sentral bahasa tersebut. Ini adalah kontribusi Dennis, dan dia sebenarnya menciptakan istilah "penunjuk" sebagai nama yang terdengar tidak berbahaya untuk konstruksi yang benar-benar jahat.” Siapa pun yang mendapatkan pengecualian penunjuk nol harus tahu bahwa rasa sakitnya disengaja. Lelucon itu berkembang menjadi B dan kemudian C. Ngomong-ngomong, hoax itu hoax. Namun ada sedikit kebenaran di setiap kebohongan. Kenyataannya di sini adalah bahwa dalam banyak hal, C adalah anti-pascal. Saya menyalahkan Berkeley di tahun 60an. Tapi bukan untuk membuang-buang waktu Anda dengan hoax. Untuk itu aku menyalahkanku. Maksudku, pertama-tama aku menyalahkan pencipta Unix, lalu aku. 

PASCAL telah digantikan oleh banyak bahasa yang dimulai dengan kata Visual, Objective-C, Java, Go, Ruby, Python, PHP, dan bahasa lain yang lebih “modern”. Tapi tetap saja, seperti yang mereka katakan di Di Bawah Planet Kera, ini adalah “Suvenir indah lainnya dari Abad ke-20.”

Sumberhttps://thehistoryofcomputing.net/the-pascal-programming-language

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.